Kesehatan Reproduksi Remaja

KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA
ABSTRAK
Masa remaja (usia 11 – 20 tahun) adalah masa yang khusus dan penting, karena merupakan
periode pematangan organ reproduksi manusia. Masa remaja disebut juga masa pubertas,
merupakan baca selengkapnya masa transisi yang unik ditandai dengan berbagai perubahan fisik, emosi dan
psikis. Remaja berada dalam situasi yang sangat peka terhadap pengaruh nilai baru,
terutama bagi mereka yang tidak mempunyai daya tangkal. Mereka cenderung lebih mudah
melakukan penyesuaian dengan arus globalisasi dan arus informasi yang bebas yang dapat
menyebabkan terjadinya perubahan perilaku menyimpang karena adaptasi terhadap nilainilai yang datang dari luar. Masalah yang paling menonjol dilakangan remaja saat ini,
misalnya masalah seksualitas, sehingga hamil di luar nikah dan melakukan aborsi.
Kemudian rentan terinfeksi penyakit menular seksual (IMS), HIV dan AIDS serta
penyalahgunaan Narkoba. Adanya motivasi dan pengetahuan yang memadai untuk
menjalani masa remaja secara sehat, diharapkan remaja mampu untuk memelihara
kesehatan dirinya sehingga mampu memasuki masa kehidupan berkeluarga dengan
reproduksi sehat.
Kata Kunci : Kesehatan Reproduksi, Remaja
PENDAHULUAN
Data demografi menunjukkan bahwa remaja merupakan populasi yang besar dari
penduduk dunia, WHO (1995) sekitar seperlima dari penduduk dunia adalah remaja.
Sekitar 900 juta berada di negara sedang berkembang. Di Indonesia menurut Biro Pusat
Statistik (1999) kelompok remaja adalah sekitar 22% yang terdiri dari 50,9% remaja lakilaki dan 49,1% remaja perempuan (dikutip dari Nancy P, 2002).
Masa remaja merupakan masa peralihan antara masa kanak-kanak dan masa
dewasa, yang dimulai pada saat terjadinya kematangan seksual. Remaja tidak mempunyai
tempat yang jelas, yaitu bahwa mereka tidak termasuk golongan anak-anak tetapi tidak
juga termasuk golongan dewasa. Perkembangan biologis dan psikologis remaja
dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan dan sosial. Oleh karena itu remaja akan
berjuang untuk melepaskan ketergantungannya kepada orang tua dan berusaha mencapai
kemandirian sehingga mereka dapat diterima dan diakui sebagai orang dewasa.
Memasuki masa remaja yang diawali dengan terjadinya kematangan seksual, maka
remaja akan dihadapkan pada keadaan yang memerlukan penyesuaian untuk dapat
menerima perubahan-perubahan yang terjadi. Kematangan seksual dan terjadinya
perubahan bentuk tubuh sangat berpengaruh pada kehidupan kejiwaan remaja. Selain itu
kematangan seksual juga mengakibatkan remaja mulai tertarik terhadap anatomi fisiologi
tubuhnya. Selain tertarik kepada dirinya, juga mulai muncul perasaan tertarik kepada
teman sebaya yang berlawanan jenis.
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Bappenas dan UNFPA tahun 2010,
sebagian dari 63 juta jiwa remaja di Indonesia rentan berperilaku tidak sehat. Tingginya
kehamilan tidak diinginkan (KTD) erat kaitannya dengan aborsi. Dari estimasi jumlah
aborsi per tahun di Indonesia bisa mencapai 2,4 juta, sekitar 800.000 diantaranya terjadi di
kalangan remaja. Penyebab hamil di luar nikah di kalangan remaja semakin bervariasi.
Penggunaan drug, permen memabukkan, lem hisap seringkali menjadi alat ”coba-coba”
kaum remaja untuk mendapat rangsangan tertentu dalam menyalurkan doronganbiologisnya. Hasil SKRRI 2002 – 2003 menunjukkan bahwa sekitar 6 dari 10 remaja lakilaki merokok setiap hari, sedangkan 8% pernah menggunakan narkoba. Ancaman HIV dan
AIDS menyebabkan perilaku seksual dan kesehatan reproduksi remaja muncul ke
permukaan, diperkirakan 20 – 25% dari semua infeksi HIV di dunia terjadi pada remaja.
Demikian pula dengan kejadian PMS, yang tertinggi adalah remaja khususnya remaja
perempuan.
Keterbatasan akses dan informasi mengenai seksualitas dan kesehatan reproduksi
bagi remaja di Indonesia ’bisa dipahami’ karena masyarakat umumnya masih menganggap
seksualitas sebagai sesuatu yang tabu dan tidak untuk dibicarakan secara terbuka. Orang
tua biasanya enggan untuk memberikan penjelasan masalah-masalah seksualitas dan
reproduksi kepada remajanya, dan anak pun cenderung malu bertanya secara terbuka
kepada orang tuanya. Kalaupun ada orang tua atau guru di sekolah yang ingin memberi
penjelasan kepada anaknya, mereka seringkali kebingungan bagaimana caranya dan apa
saja yang harus dijelaskan.
Memberikan pendidikan life skill, menunda pernikahan dan kehamilan semasa
remaja dan cegah HIV dan AIDS serta memberikan informasi yang benar merupakan
upaya untuk meningkatkan perilaku hidup sehat, mengingat remaja adalah kelompok usia
yang tergolong sangat rawan terhadap berbagai hal yang berhubungan dengan kecakapan
hidup sehat.
DEFINISI
– Kesehatan reproduksi merupakan suatu keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial
secara utuh, tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan dalam semua hal
yang berkaitan dengan sistim reproduksi, serta fungsi dan prosesnya.
– Remaja atau adolescence, berasal dari bahasa latin adolescere yang berarti tumbuh ka
arah kematangan. Kematangan yang dimaksud adalah bukan hanya kematangan fisik
saja, tetapi juga kematangan sosial dan psikologis.
– Masa remaja adalah masa transisi yang ditandai oleh adanya perubahan fisik, emosi
dan psikis. Masa remaja adalah suatu periode masa pematangan organ reproduksi
manusia, dan sering disebut masa peralihan. Masa remaja merupakan periode peralihan
dari masa anak ke masa dewasa.
TAHAPAN REMAJA
Tumbuh kembangnya menuju dewasa, berdasarkan kematangan psikososial dan seksual,
semua remaja akan melewati tahapan berikut :
1. Masa remaja awal/dini (early adolescence) : umur 11 – 13 tahun.
Dengan ciri khas : ingin bebas, lebih dekat dengan teman sebaya, mulai berfikir abstrak
dan lebih banyak memperhatikan keadaan tubuhnya.
2. Masa remaja pertengahan (middle adolescence) : umur 14 – 16 tahun.
Dengan ciri khas : mencari identitas diri, timbul keinginan untuk berkencan, berkhayal
tentang seksual, mempunyai rasa cinta yang mendalam.
3. Masa remaja lanjut (late adolescence) : umur 17 – 20 tahun.
Dengan ciri khas : mampu berfikir abstrak, lebih selektif dalam mencari teman sebaya,
mempunyai citra jasmani dirinya, dapat mewujudkan rasa cinta, pengungkapan
kebebasan diri.
Tahapan ini mengikuti pola yang konsisten untuk masing-masing individu. Walaupun
setiap tahap mempunyai ciri tersendiri tetapi tidak mempunyai batas yang jelas, karena
proses tumbuh kembang berjalan secara berkesinambungan.
Terdapat ciri yang pasti dari pertumbuhan somatik pada remaja, yaitu peningkatan
massa tulang, otot, massa lemak, kenaikan berat badan, perubahan biokimia, yang terjadipada kedua jenis kelamin baik laki-laki maupun perempuan walaupun polanya berbeda.
Selain itu terdapat kekhususan (sex specific), seperti pertumbuhan payudara pada remaja
perempuan dan rambut muka (kumis, jenggot) pada remaja laki-laki.
PERUBAHAN FISIK PADA MASA REMAJA
Perubahan fisik dalam masa remaja merupakan hal yang sangat penting dalam kesehatan
reproduksi, karena pada masa ini terjadi pertumbuhan fisik yang sangat cepat untuk
mencapai kematangan, termasuk organ-organ reproduksi sehingga mampu melaksanakan
fungsi reproduksinya. Perubahan yang terjadi yaitu :
1. Munculnya tanda-tanda seks primer; terjdi haid yang pertama (menarche) pada remaja
perempuan dan mimpi basah pada remaja laki-laki.
2. Munculnya tanda-tanda seks sekunder, yaitu :
a. Pada remaja laki-laki; tumbuhnya jakun, penis dan buah zakar bertambah besar,
terjadinya ereksi dan ejakulasi, suara bertambah besar, dada lebih besar, badan
berotot, tumbuh kumis diatas bibir, cambang dan rambut di sekitar kemaluan dan
ketiak.
b. Pada remaja perempuan; pinggul melebar, pertumbuhan rahim dan vagina, tumbuh
rambut di sekitar kemaluan dan ketiak, payudara membesar.
TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA
Setiap tahap perkembangan akan terdapat tantangan dan kesulitan-kesulitan yang
membutuhkan suatu ketrampilan untuk mengatasinya. Pada masa remaja, mereka
dihadapkan kepada dua tugas utama, yaitu :
1. Mencapai ukuran kebebasan atau kemandirian dari orang tua.
Pada masa remaja sering terjadi adanya kesenjangan dan konflik antara remaja
dengan orang tuanya. Pada saat ini ikatan emosional menjadi berkurang dan remaja
sangat membutuhkan kebebasan emosional dari orang tua, misalnya dalam hal memilih
teman ataupun melakukan aktifitas. Sifat remaja yang ingin memperoleh kebebasan
emosional sementara orangtua yang masih ingin mengawasi dan melindungi anaknya
dapat menimbulkan konflik diantara mereka.
Pada usia pertengahan, ikatan dengan orangtua semakin longgar dan mereka lebih
banyak menghabiskan waktunya bersama teman sebayanya. Pada akhir masa remaja,
mereka akan berusaha mengurangi kegelisahannya dan meningkatkan integritas
pribadinya, identitas diri lebih kuat, mampu menunda pemuasan, kemampuan untuk
menyatakan pendapat menjadi lebih baik, minat lebih stabil dan mampu membuat
keputusan dan mengadakan kompromi. Akhir masa remaja adalah tahap terakhir
perjuangan remaja dalam mencapai identitas diri. Bila tahap awal dan pertengahan
dapat dilalui dengan baik, yaitu adanya keluarga dan kelompok sebaya yang suportif
maka remaja akan mempunyai kesiapan untuk mampu mengatasi tugas dan
tanggungjawab sebagai orang dewasa.
2. Membentuk identitas untuk tercapainya integrasi diri dan kematangan pribadi.
Proses pembentukan identitas diri merupakan proses yang panjang dan kompleks, yang
membutuhkan kontinuitas dari masa lalu, sekarang dan yang akan datang dari
kehidupan individu, dan hal ini akan membentuk kerangka berfikir untuk
mengorganisasikan dan mengintegrasikan perilaku ke dalam berbagai bidang
kehidupan.
KEBUTUHAN RIIL REMAJA
Kebutuhan riil remaja terkait hak mendapatkan informasi akurat tentang seksualitas dan
kesehatan reproduksi ini kadang juga dibedakan berdasarkan variasi kelompok. Misalnya,kebutuhan remaja desa berbeda dengan remaja kota. Kerentanan terhadap Infeksi Menular
Seksual (IMS) antara ’remaja jalanan’ (anak jalanan) dan remaja sekolah juga berbeda.
Remaja yang bekerja sebagai buruh pabrik juga mempunyai karakteristik dan masalahmasalah yang berbeda dengan remaja yang bekerja di sektor informal, dan sebagainya.
Sehingga pemenuhan kebutuhan ini butuh disesuaikan dengan konteks sosial dan budaya
yang dihadapi masing-masing remaja. Namun demikian, secara umum kebutuhan riil
menyangkut hak dasar remaja akan informasi terkait seksualitas dan kesehatan reproduksi
itu, antara lain sebagai berikut :
1. Penyediaan layanan yang ramah dan mudah diakses bagi remaja, tanpa memandang
usia, jenis kelamin, status pernikahan, dan situasi keuangan mereka.
2. Adanya dukungan terpenuhinya hak setiap remaja untuk menikmati seks dan ekspresi
seksualitas mereka dalam cara-cara yang mereka pilih sendiri.
3. Penyediaan informasi dan pemberian hak mendapatkan pendidikan mengenai
reproduksi dan seksualitas. Informasi dan pendidikan yang diberikan ini harus
mendorong terjadinya independensi dan keyakinan diri remaja, dan memberikan
pengetahuan agar mereka bisa membuat keputusan sendiri terkait reproduksi dan
seksual mereka.
4. Adanya jaminan kerahasiaan dalam relasi sosial dan seluruh aspek dari seksualitas
mereka.
5. Penyediaan informasi yang bisa diakses sesuai dengan perkembangan remaja.
6. Setiap remaja yang aktif secara seksual atau tidak; dan yang memiliki keragaman
orientasi seksual bisa mendapatkan informasi agar mereka merasa nyaman dengan
tubuh dan seksualitas mereka sendiri.
7. Setiap remaja mendapatkan persiapan untuk memiliki ketrampilan melakukan
negosiasi dalam relasi sosialnya, termasuk dalam masa pacaran dan dalam melakukan
tindakan seks yang lebih aman (bagi yang seksual aktif).
HAK-HAK REMAJA TERKAIT DENGAN KESEHATAN REPRODUKSI
Selain kebutuhan-kebutuhan tersebut, remaja juga memiliki hak-hak mendasar terkait
kesehatan reproduksinya. Hak-hak itu juga harus terpenuhi sebagai kebutuhan dasar
mereka. Hak-hak itu adalah :
1. Hak hidup. Ini adalah hak dasar setiap individu tidak terkecuali remaja, untuk terbebas
dari resiko kematian karena kehamilan, khususnya bagi remaja perempuan.
2. Hak atas pelayanan dan perlindungan kesehatan. Termasuk dalam hal ini adalah
perlindungan privasi, martabat, kenyamanan, dan kesinambungan.
3. Hak atas kerahasiaan pribadi. Artinya, pelayanan kesehatan reproduksi bagi remaja dan
setiap individu harus menjaga kerahasiaan atas pilihan-pilihan mereka.
4. Hak atas informasi dan pendidikan. Ini termasuk jaminan kesehatan dan kesejahteraan
perorangan maupun keluarga dengan adanya informasi dan pendidikan kesehatan
reproduksi yang memadai tersebut.
5. Hak atas kebebasan berpikir. Ini termasuk hak kebebasan berpendapat, terbebas dari
penafsiran ajaran yang sempit, kepercayaan, tradisi, mitos-mitos, dan filosofi yang
dapat membatasi kebebasan berpikir tentang pelayanan kesehatan reproduksi dan
seksual.
6. Hak berkumpul dan berpartisipasi dalam politik. Hal ini termasuk mendesak
pemerintah dan parlemen agar menempatkan masalah kesehatan reproduksi menjadi
prioritas kebijakan negara.
7. Hak terbebas dari penganiayaan dan perlakuan buruk. Hal ini terutama bagi anak-anak
dan remaja untuk mendapatkan perlindungan dari eksploitasi, pelecehan, perkosaan,
penyiksaan, dan kekerasan seksual.8. Hak mendapatkan manfaat dari ilmu pengetahuan terbaru. Yaitu hak mendapatkan
pelayan kesehatan reproduksi yang terbaru, aman, dan dapat diterima.
9. Hak memutuskan kapan punya anak, dan punya anak atau tidak.
10. Hak atas kesetaraan dan bebas dari segala bentuk diskriminasi. Ini berarti setiap
individu dan juga remaja berhak bebas dari segala bentuk diskriminasi termasuk
kehidupan keluarga, reproduksi, dan seksual.
11. Hak untuk memilih bentuk keluarga. Artinya, mereka berhak merencanakan,
membangun, dan memilih bentuk keluarga (hak untuk menikah atau tidak menikah).
12. Hak atas kebebasan dan keamanan. Remaja berhak mengatur kehidupan seksual dan
reproduksinya, sehingga tidak seorang pun dapat memaksanya untuk hamil, aborsi,
ber-KB dan sterilisasi.
MASALAH KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA
Kuatnya norma sosial yang menganggap seksualitas adalah tabu akan berdampak
pada kuatnya penolakan terhadap usulan agar pendidikan seksualitas terintegrasikan ke
dalam kurikulum pendidikan. Sekalipun sejak reformasi bergulir hal ini telah diupayakan
oleh sejumlah pihak seperti organisasi-organisasi non pemerintah (NGO), dan juga
pemerintah sendiri (khususnya Departemen Pendidikan Nasional), untuk memasukkan
seksualitas dalam mata pelajaran ’Pendidikan Reproduksi Remaja’; namun hal ini belum
sepenuhnya mampu mengatasi problem riil yang dihadapi remaja.
Faktanya, masalah terkait seksualitas dan kesehatan reproduksi masih banyak
dihadapi oleh remaja. Masalah-masalah tersebut antara lain :
1. Perkosaan.
Kejahatan perkosaan ini biasanya banyak sekali modusnya. Korbannya tidak hanya
remaja perempuan, tetapi juga laki-laki (sodomi). Remaja perempuan rentan
mengalami perkosaan oleh sang pacar, karena dibujuk dengan alasan untuk
menunjukkan bukti cinta.
2. Free sex.
Seks bebas ini dilakukan dengan pasangan atau pacar yang berganti-ganti. Seks bebas
pada remaja ini (di bawah usia 17 tahun) secara medis selain dapat memperbesar
kemungkinan terkena infeksi menular seksual dan virus HIV (Human Immuno
Deficiency Virus), juga dapat merangsang tumbuhnya sel kanker pada rahim remaja
perempuan. Sebab, pada remaja perempuan usia 12-17 tahun mengalami perubahan
aktif pada sel dalam mulut rahimnya. Selain itu, seks bebas biasanya juga dibarengi
dengan penggunaan obat-obatan terlarang di kalangan remaja. Sehingga hal ini akan
semakin memperparah persoalan yang dihadapi remaja terkait kesehatan reproduksi ini.
3. Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD). Hubungan seks pranikah di kalangan remaja
didasari pula oleh mitos-mitos seputar masalah seksualitas. Misalnya saja, mitos
berhubungan seksual dengan pacar merupakan bukti cinta. Atau, mitos bahwa
berhubungan seksual hanya sekali tidak akan menyebabkan kehamilan. Padahal
hubungan seks sekalipun hanya sekali juga dapat menyebabkan kehamilan selama si
remaja perempuan dalam masa subur.
4. Aborsi. Aborsi merupakan keluarnya embrio atau janin dalam kandungan sebelum
waktunya. Aborsi pada remaja terkait KTD biasanya tergolong dalam kategori aborsi
provokatus, atau pengguguran kandungan yang sengaja dilakukan. Namun begitu, ada
juga yang keguguran terjadi secara alamiah atau aborsi spontan. Hal ini terjadi karena
berbagai hal antara lain karena kondisi si remaja perempuan yang mengalami KTD
umumnya tertekan secara psikologis, karena secara psikososial ia belum siap menjalani
kehamilan. Kondisi psikologis yang tidak sehat ini akan berdampak pula pada
kesehatan fisik yang tidak menunjang untuk melangsungkan kehamilan.5. Perkawinan dan kehamilan dini. Nikah dini ini, khususnya terjadi di pedesaan. Di
beberapa daerah, dominasi orang tua biasanya masih kuat dalam menentukan
perkawinan anak dalam hal ini remaja perempuan. Alasan terjadinya pernikahan dini
adalah pergaulan bebas seperti hamil di luar pernikahan dan alasan ekonomi. Remaja
yang menikah dini, baik secara fisik maupun biologis belum cukup matang untuk
memiliki anak sehingga rentan menyebabkan kematian anak dan ibu pada saat
melahirkan. Perempuan dengan usia kurang dari 20 tahun yang menjalani kehamilan
sering mengalami kekurangan gizi dan anemia. Gejala ini berkaitan dengan distribusi
makanan yang tidak merata, antara janin dan ibu yang masih dalam tahap proses
pertumbuhan.
6. IMS (Infeksi Menular Seksual) atau PMS (Penyakit Menular Seksual), dan HIV/AIDS.
IMS ini sering disebut juga penyakit kelamin atau penyakit yang ditularkan melalui
hubungan seksual. Sebab IMS dan HIV sebagian besar menular melalui hubungan
seksual baik melalui vagina, mulut, maupun dubur. Untuk HIV sendiri bisa menular
dengan transfusi darah dan dari ibu kepada janin yang dikandungnya. Dampak yang
ditimbulkannya juga sangat besar sekali, mulai dari gangguan organ reproduksi,
keguguran, kemandulan, kanker leher rahim, hingga cacat pada bayi dan kematian.
PENANGANAN MASALAH KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA
Ruang lingkup masalah kesehatan reproduksi perempuan dan laki-laki menggunakan
pendekatan siklus kehidupan. Berdasarkan masalah yang terjadi pada setiap fase
kehidupan, maka upaya-upaya penanganan masalah kesehatan reproduksi remaja sebagai
berikut :
1. Gizi seimbang.
2. Informasi tentang kesehatan reproduksi.
3. Pencegahan kekerasan, termasuk seksual.
4. Pencegahan terhadap ketergantungan NAPZA.
5. Pernikahan pada usia wajar.
6. Pendidikan dan peningkatan ketrampilan.
7. Peningkatan penghargaan diri.
8. Peningkatan pertahanan terhadap godaan dan ancaman.
SIMPULAN
Di Indonesia menurut Biro Pusat Statistik (1999) kelompok remaja adalah sekitar 22%
yang terdiri dari 50,9% remaja laki-laki dan 49,1% remaja perempuan. Masa remaja, yakni
usia antara usia 11 – 20 tahun adalah suatu periode masa pematangan organ reproduksi
manusia, dan sering disebut masa peralihan. Memasuki masa remaja yang ditandai dengan
perubahan fisik primer maupun sekunder, maka remaja akan dihadapkan pada keadaan
yang memerlukan penyesuaian untuk dapat menerima perubahan-perubahan yang terjadi.
Kematangan seksual dan terjadinya perubahan bentuk tubuh sangat berpengaruh pada
kehidupan kejiwaan remaja. Keterbatasan akses dan informasi yang kurang tepat mengenai
seksualitas dan kesehatan reproduksi bagi remaja di Indonesia dapat berdampak negatif
dalam kehidupannya, misalnya banyaknya kasus free seks, KTD, aborsi remaja, dan lainlain. Bila remaja dibekali pengetahuan kesehatan reproduksi yang komprehensif, maka
remaja dapat lebih bertanggung jawab dalam berbuat dan mengambil keputusan
sehubungan dengan kesehatan reproduksinya. Peran keluarga, sekolah, lingkungan maupun
dinas terkait sangat penting agar tercipta generasi remaja yang berkualitas.DAFTAR PUSTAKA
Atun, dkk. 2004. IMS atau Penyakit Kelamin, dalam Kesehatan Reproduksi Remaja,
Kerjasama Jaringan Khusus Kesehatan untuk Anak Jalanan Perempuan di Yogyakarta,
bersama PKBI-DIY. Yogyakarta.
Caesarina Ancah. 2009. Kespro Remaja, disampaikan pada Seminar Nasional Seksualitas
dan Kesehatan Reproduksi Remaja di PP. Nuris. Juni 2009. Jember-Jawa Timur.
Eriyani Linda Dwi. Kesehatan Reproduksi Remaja: Menyoal Solusi. 2006, disampaikan
pada Seminar Nasional Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Remaja di PP. Nuris, Juni
2009. Jember-Jawa Timur.
Habsjah, dkk. 1995. Peranan Ayah vis-a-vis Ibu dan Pranata Sosial Lainnya dalam
Pendidikan Seks Remaja. The Population Council and The Atma Jaya Research Centre,
Jakarta.
Khisbiyah, dkk. 1996. Kehamilan tak Dikehendaki di Kalangan Remaja, Pusat Penelitian
Kependudukan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Mukhatib MD. 2009. Problem Kesehatan Reproduksi Remaja: Tawaran Solusi,
disampaikan pada Seminar Nasional Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Remaja di PP.
Nuris, Juni 2009. Jember-Jawa Timur.
Pinem, Saroha. 2009. Kesehatan Reproduksi dan Kontrasepsi. Trans Info Media, Jakarta.
Soetjiningsih. 2004. Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Sagung Seto.
Jakarta.
Tim Mitra Inti. 2009. Mitos Seputar Masalah Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi,
Yayasan Mitra Inti. Jakarta.
Utomo Iwu Dwisetyani. 2009. Panduan Materi Dasar untuk Guru, dapat Menjadi Dasar
untuk Dikembangkan dan Disesuaikan dengan Keadaan dan Kondisi Kebudayaan Lokal.
Australian Demographic and Social Research Institute, Australian National University,
Konsultan Kesehatan Reproduksi Remaja UNFPA. Jakarta.
Widyastuti, Yani dkk. 2009. Kesehatan Reproduksi. Fitramaya. Yogyakarta.
Widaninggar. 2004. Pedoman Pelatihan dan Modul Pendidikan Kecakapan Hidup (Life
Skills Education) untuk Pencegahan HIV dan AIDS. Pusat Pengembangan Kualitas
Jasmani Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s