Kompetensi Inti Bidan

KOMPETENSI INTI BIDAN
Kompetensi adalah pengetahuan yang di landasi oleh pengetahuan, keterampilan, dan sikapyang harus dimiliki oleh seorang bidan baca selengkapnya dalam melaksanakan praktik kebidanan pada berbagai tatanan pelayanan kesehatan, syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat.
A. Kompetensi Pertama : Standar Kompetensi Bidan
Bidan mempunyai persyaratan pengetahuan dan keterampilan dari ilmu sosial, kesehatan masyarakat, dan etik yang membentuk dasar dari asuhan yang bermutu tinggi sesuai dengan budaya, untuk wanita, BBL, dan keluarga.
1. Pengetahun dan Keterampilan Dasar
a. Kebudayan dasar masyarakat Indonesia
b. Keuntungan dan kerugian praktik kesehatan tradisional dan moderen
c. Sarana tanda bahaya serta teransportasi kegawatdaruratan bagi anggota masyarakat yang sakit yang membutuhkan asuhan tambahan
d. Penyebab langsung maupun tidak langsung kematian dan kesakitan ibu dan bayi di masyarakat
e. Advokasi dan strategi pemberdayaan perempuan dalam mempromosikan hak-haknya yang diperlukan untuk mencapai kesehatan yang optimal (kesehatan dalam memperoleh pelayanan kebidanan)
f. Keuntungan dan resiko dari tatanan tempat bersalin yang tersedia
g. Advokasi bagi perempuan agar bersalin dengan aman
h. Masyarakat keadaan kesehatan lingkungan, termasuk penyediaan air, perumahan, risiko lingkungan, makanan, dan ancaman umum bagi kesehatan
i. Standar profesi dan praktik kebidanan.
2. Pengetahuanan Keterampilan Tambahan
a. Epidemologi, sanitasi, diagnosa, masyarakat dan vital statistik
b. Infrasruktur kesehatan setempat dan nasional serta bagimana sumber daya yang dibutuhkan untuk asuhan kebidanan

c. Primary Health Care (PHC) berbasis di masyarakat dengan dengan menggunakan promosi kesehatan serta strategi pencegahan penyakit
d. Perogram imunisasi nasional dan akses untuk peleyanan imunisasi

B. Kompetensi Kedua : Pra Konsepsi, KB, Dan Ginikologi
Bidan memberikan asuhan bermutu tinggi, pendidikan kesehatan yang tanggap terhadap bidan dan pelayanan menyeluruh di masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan kehidupan keluarga yang sehat, perencanaan kehamilan dan kesiapan menjadi orangtua.
1. Pengetahuan Dasar
a. Pertumbuhan dan perkembangan seksualitas dan aktivitas seksual
b. Anatomi dan fisiologi pria dan perempuan yang berhubungan dengan konsepsi dan reproduksi
c. Norma dan praktik budaya dalam kehidupan seksualitas dan kemampuan bereproduksi
d. Komponen riwayat kesehatan, riwayat keluarga, dan riwayat genetik yang relevan
e. Pemeriksaan fisik dan laboratorium untuk mengevaluasi potensi kehamilan yang sehat
f. Berbagi metode alamiah untuk menjarangkan kehamilan dan metode lain yang bersifat tradisional yang lazim digunakan
g. Jenis, indikasi, cara pemberian, cara pencabutan, dan efek samping berbagai kontrasepsi yang digunakan antara lain pil, suntik, AKDR, alat kontrasepsi bawah kulit(AKBK), kondom, tablet vagina, dan tisu vagina
h. Metode konsling bagi perempuan dalam memilih suatu metode kontrasepsi
i. Penyulihan kesehatan mengenai IMS, HIV/AIDS, dan kelangsungan hidup anak
j. Tanda dan gejala infeksi saluran kemih dan penyakit menular seksual yang lazim terjadi

2. Pengtahuan Tambahan
a. Faktor –faktor yang menentukan dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan kehamilan yang tidak diinginkan dan tidak direncanakan
b. Indikator penyakit takut dan kronis yang dipengaruhi oleh kondisi geofrafis dan proses rujukan pemeriksaan/pengobatan lebih lanjut
c. Indikator dan metode konsling/rujukan terhadap gangguan hubungan interpersonal,termasuk kekerasan danpelecehan dalam keluarga (seks, fisik, dan emosi).
3. Keterampilan dasar
a. Mengumpulkan data riwayat kesehatan yang lengkap
b. Melakukan pemeriksaan fisik terfokus sesuai dengan kondisi klien
c. Menetapkan, melaksanakan, dan menyimpulkan hasil pemeriksaan laboratorium, seperti hematokrit dan analisis urine
d. Melaksanakan pendidikan kesehatandan keterampilan konseling dasar dengan tepat
e. Memberikan pelayanan KB yang tersedia sesuai kewenangan dan budaya masyarakat
f. Melakukan pemeriksaan berkala akseptor KB dan melakukan intervensi sesuai kebutuhan
g. Mendokumentasikan temuan-temuan dan intervensi yang dilakukan
h. Melakukan pemasangan AKDR
i. Melakukan pencabutan AKDR dengan letak normal
4. Keterampilan tambahan
a. Melakukan pemasangan AKDR
b. Melakukan pencabutan AKDR dengan letak normal.
Contoh pada kompetensi ini adalah:bidan harus mampu melakukan pemeriksaan benar terhadap akseptor KB dan melaksanakan intervensi sesuai dengan kebutuhan.

Artinya bidan harus kompeten dan maumemberikan pemeriksaan secara rutin kepada pasien dengan akseptor IUD dan AKDR. Padapasien KB suntik jangka waktunya dua tahun, bidan harus mampu memberikan konseling untuk mengganti cara ber-KB

C. Kompetensi Ke Tiga : Asuhan Dan Konseling Selama Kehamilan
Bidan memberikan asuhan antenatal bermutu tinggi untuk meminimal kan resiko selama kehamilan yang meliputi, deteksi dini, pengobatan atau rujukan dari komplikasi tertentu.
1. Pengetahuan Dasar
a. Anatomi dan fisiologi tubuh manusia, serta siklus menstruasi dan proses konsepsi
b. Tumbuh kembang janin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
c. Tanda- tanda dan gejala kehamilan, serta mendiagnosa kehamilan
d. Perkembangan normal kehamilan
e. Komponen riwayat kesehatan
f. Komponen pemeriksaan fisik yang terfokus selama antenatal
g. Menentukan umur kehamilan dan riwayat menstruasi, pembesaran dan atau tinggi fundus uteri
h. Mengenal tanda dan gejala anemia ringan dan berat, hiperemesis gravidarum, kehamilan ektopik terganggu, abortus imnens, mola hidatidosa dan komlikasinya, dan kehamilan ganda, kelainan letak serta pre eklamsia
i. Nilai normal dari pemeriksaan laboraturium seperti haemoglobin dalam darah, tes gula, protein, acetone, dan bakteri dalam urine
j. Perkembangan normal dari kehamilan: perubahan bentuk pisik, ketidak nyamanan yang lazim, pertumbuhan fundus uteri yang diharapkan
k. Perubahan piskologis yang normal dalam kehamilan dan dampak kehamilan terhadap keluarga

l. Penyuluhan dalam kehamilan, perubahan fisik, perawatan buah dada, ketidaknyamanan, kebersihan,seksualitas, nutrisi, pekerjaan, dan aktivitas, (senam hamil)
m. Kebutuhan nutrisi bagi perempuan hamil dan janin, serta penatalaksanaan imunisasi pada perempuan hamil
n. Pertumbuhan dan perkembangan janin
o. Persiapan persalinan, kelahiran, dan menjadi orang tua
p. Persiapan keadaandan rumah/keluarga untuk menyambut kelahiran bayi
q. Tanda-tanda di mulainya persalinan, promosi dan dukungan pada ibu menyusui
r. Teknik relaksasi dan setrategi nmeringankan nyeri pada persiapan persalainan dan kehamilan
s. Mendokumentasikan temuan dan asuhan yang diberikan
t. Mengurangi ketidaknyamanan selama masa kehamilan
u. Penggunaan obat-obat tradisional ramuan yang aman untuk mengurangi ketidaknyamanan selama kehamilan
v. Akibat yang ditimbulkan dari merokok, pengunaan alkohol dan obat terlarang bagi ibu hamil dan janin
w. Akibat yang ditimbulkan atau yang ditularkan oleh binatang tertentu terhadap kehamilan, misalnya toxoplasmosis
x. Tanda dan gejala dari komlikasi kehamilan yang mengancam jiwa seperti pre eklamsia, perdarahan pervaginam, kelahiran prematur, anemia berat
y. Kesejahteraan janin termasuk DJJ dan pola aktivitas janin
z. Resusitasi kardiovulmonary.
2. Pengetahuan tambahan
a. Tanda, gejala, dan indikasi rujukan pada komlikasi tertentu dalam kehamilan, seperti asma, infeksi HIV, infeksi menular seksual ( IMS ), diabetes, kelainan jantung, post matur atau serotinus
b. Akibat dari penyakit akut dan kronis yang disebut diatas bagi kehamilan dan janinnya

3. Keterampilan dasar
a. Mengumpulkan data riwayat kesehatan dan kehamilan serta menganalisanya pada setiap kunjungan ibu hamil
b. Melaksanakan pemeriksaan fisisk umum secara sistematis dan lengkap
c. Melaksanakan pemeriksaan abdomen secara lengkap termasuk pengukuran tinggi fundus uteri atau posisi atau presentasi dan penurunan janin
d. Melakukan penilaian pelvik termasuk ukuran dan struktur tulang panggul
e. Menilai keadaan janin selama kehamilan termasuk DJJ dengan menggunakan Fetuskup ( pinard )dan gerakan janin dengan palpasi uterus
f. Menghitung usia kehamilan dan menentukan perkiraan persalinan
g. Mengkaji status nutrisi ibu hamil dan hubungannya dengan pertumbuhan janin
h. Mengkaji kenaikan berat badan ibu dan hubungannya dengan komlikasi kehamilan
i. Memberikan penyuluhan kepada klien atau keluarga mengenai tanda- tanda berbahaya serta bagaimana menghubungi bidan
j. Melakukan penatalaksanaan kehamilan dengan anemia ringan, hiperemesis gravidarum tingkat I, abortus iminens, dan pre eklamsi ringan
k. Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara mengurangi ketidaknyamanan yang lazim terjadi dalam kehamilan
l. Memberikan imunisasi pada ibu hamil
m. Mengidentifikasi penyimpangan kehamilan normal dan melakukan penanganan yang tepat termasuk merujuk ke pasilitas pelayanan tepat dari :
1) Kekurangan gizi
2) Pertumbuhan janin yang tidak adekuat : SGA dan LGA
3) Pre-eklamsia berat dan hipertensi
4) Perdarahan pervaginam

5) Kehamilan ganda pada janin kehamilan aterm
6) Kelainan letak pada janin kehamilan aterm
7) Kematian janin
8) Adanya edema yang signifikan, sakit kepala hebat, gangguan pandangan, nyeri epigastrum yang disebabkan tekanan darah tinggi
9) Ketuban pecah sebelum waktunya ( KPD = Ketuban Pecah Dini )
10) Persankaan polihidramnion
11) Diabetes Melitus
12) Kelainan kongenital pada janin
13) Hasil laboratorium yang tidak normal
14) Persangkaan polihidramnion, kelainan janin
15) Infeksi pada ibu hamil seperti : IMS, vaginitis, infeksi saluran Perkemihan dan saluran nafas
n. Memberikan bimbingan dan persiapan untuk persalinan, kelahiran, dan menjadi orang tua
o. Memberikan bimbingan dan penyuluhan mengenai perillaku kesehatan selama hamil seperti : nutrisi, latihan ( senam ), keamanan, dan berhenti merokok
p. Penggunaan secara aman jamu atau obat-obatan tradisional yang tersedia
4. Keterampilan tambahan
a. Menggunakan doppler untuk memantau Djj
b. Memberikan pengobatan dan / atau kolaborasi terhadap penyimpangan dari keadaan normal dengan menggunakan standar lokal dan sumber daya yang tersedia
c. Melaksanakan kemampuan asuhan pasca keguguran.

D. Kompetensi Ke Empat : Asuhan Selama Persalinan Dan kelahiran
Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi,tanggap terhadap kebudayaan setempat selama persalinan ,memimpin selama persalinan yang bersih dan aman, menangani situasi kegawatdaruratan tertentu untuk mengoptimalkan kesehatan perempuan dan bayinya yang baru lahir

1. Pengetahuan Dasar
a. Fisiologi persalinan
b. Anatomi tengkorak janin,diameter yang penting dan penunjuk
c. Aspek psikologis dan kurtural pada persalinan dan kelahiran
d. Indikator tanda tanda dan mulai persalinan
e. Kemajuan persalinan normal dan penggunaan partograf atau alat serupa
f. Penilaian kesejahteraan janin dalam masa persalinan
g. Penilaian kesejahteraan ibu dalam masa persalinan
h. Proses penurunan janin melalui pelvic selama persalinan dan kelahiran
i. Pengelolaan dan penatalaksanaan persalinan dengan kehamilan normal dan ganda
j. Pemberian kenyamanan dalam persalinan, seperti : kehadiran keluarga pendamping, pengaturan posisi, hidrasi,dukungan moril, penguguran nyeri tanpa obat
k. Transisi bayi baru lahir terhadap kehidupan diluar uterus
l. Pemenuhan kebutuhan fisik bayi baru lahir meliputi pernapasan,kehangatan,dan memberikan ASI / PASI ekslusif 6 bulan
m. Pentingnya pemenuhan kebutuhan emosional bayi baru lahir,jika memungkinkan antara lain kontak kulit langsung, kontak mata antara bayi dan ibunya bila dimungkinkan
n. Mendukung dan meningkatkan pemberian ASI ekslusif
o. Manajemen fisiologis kala lll
p. \memberikan suntikan intra muskuler meliputi ; uterotonika,antibiotika,dan sedativa
q. Indikasi tindakan kedaruratan kebidanan seperti : distosia bahu,asfiksia neonatal,retensio plasenta,perdarahan karena atonia uteri dan mengatasi renjatan
r. Indikasi tindakan operatif pada persalinan misalnya gawat janin,CPD

s. Indikator komplikasi persa perdarahan, partus macet,kelainan presentasi,eklamsia kelelahan ibu,gawat janin,infeksi,ketuban pecah dini tanpa infeksi,distosia karena inersia uteri primer,posterm dan preterm serta tali pusat menumbung
t. Prinsip manajemen kala lll secara fisiologis
u. Prinsip manajemen aktif kala lll
2. Pengetahuan Tambahan
a. Penatalaksanaan persalinan dengan malpresentasi
b. Pemberian suntikan anestesi lokal
c. Akselerasi dan induksi persalinan.
3. Ketrampilan Dasar
a. Mengumpulkan data yang terfokus pada riwayat kebidanan dan tanda tanda vital ibu pada persalinan sekarang
b. Melaksanakan pemeriksaan fisik yang terfokus
c. Melaksanakan pemeriksaan abdomen secara lengkap untuk posisi dan penurunan janin
d. Mencatat waktu dan mengkaji kontraksi uterus (lama,kekuatan,dan frekuensi)
e. Melakukan pemeriksaan panggul (pemeriksaan dalam) secara lengkap dan akurat meliputi pembukaan, penurunan,bagian terendah,presentasi,posisi keadaan ketuban, dan proporsi panggul dengan bayi
f. Melakukan pemantauan kemajuan persalinan dengan menggunakan partograf
g. Memberikan dukungan psikologis bagi perempuan dan keluarganya
h. Memberikan cairan,nutrisi,dan kenyamanan yang kuat selama persalinan
i. Mengidentifikasi secara dini kemungkinan pola persalinan abnormal dan kegawatdaruratan dengan intervensi yang sesuai dan atau melakukan rujukan dengan tepat waktu

j. Melakukan amniotomi pada pembukaan serviks lebih dari 4 cm sesuai dengan indikasi
k. Menolong kelahiran bayi dengan lilitan tali pusat
l. Melakukan episiotomi dan penjahitan,jika diperlukan
m. Melaksanakan manajemen fisiologi kala lll, serta melaksanakan manajemen aktif kala lll
n. Memberikan suntikan intra muskuler meliputi uterotonika,antibiotika,dan sedativa
o. Memasang invus,mengambil darah untuk pemeriksaan hemoglobin (HB)dan hematokrit (HT)
p. Menahan uterus untuk mencegah terjadinya inversio uteri dalam kala lll, serta memeriksa kelengkapan plasenta dan selaputnya
q. Memperkirakan jumlah darah yang keluar pada pinggul,persalinan dengan benar
r. Memeriksa robekan,serviks,dan perineum
s. Menjahit robekan vagina dan perineum tingkat lll
t. Memberikan pertolongan persalinan abnormal: letak sungsang, partus macet,kepala didasar panggul,ketuban pecah dini tanpa infeksi,postterm dan pre term
u. Melakukan pengeluaran plasenta secara manual
v. Mengelola perdarahan post partum
w. Memindahkan ibu untuk tindakan tambahan/kegawatdaruratan dengan tepat waktu sesuai indikasi
x. Memberikan lingkungan yang aman dengan meningkatkan hubungan/ikatan tali kasih ibu dan bayi baru lahir dengan inisiasi dini
y. Memfasilitasi ibu untuk menyusui sesegera mungkin dan mendukung ASI ekslusif
z. Mendokumentasikan temuan temuan yang penting dan intervensi yang dilakukan

4. Keterampilan Tambahan
a. Menolong kelahiran presentasi muka dengan penempatan dan gerakan tangan yang tepat
b. Memberikan suntikan anestesi lokal jika diperlukan
c. Melakukan ekstraksi forcep rendah dan vacum jika diperlukan sesuai dengan kewenangan
d. Mengidentifikasi dan mengelola malpresentasi, distosia bahu, gawat janin, dan kematian janin dalam kandungan ( IUFD ) dengan tepat
e. Mengidentifikasi dan mengelola tali pusat menumbung
f. Mengidentifikasi dan menjahit robekan serviks
g. Membuat resep dan atau memberikan obat-obatan untuk menguranginyeri jika diperlukan sesuai kewenangan
h. Memberikan oksitosin dengan tepat untuk induksi dan akselerasi persalinan dan penanganan perdarahan post partum.

E. Kompetensi Ke Lima : Asuhan Pada Ibu Nifas Dan Menyusui
Bidan memberikan asuhan pada ibu nifas dan menyusui yang bermutu tinggi dan tanggap terhadap budaya setempat.
1. Pengetahuan Dasar
a. Fisiologi nifas
b. Proses involusi dan penyebab sesudah persalinan/abortus
c. Proses laktasi/menyusi dan teknikmenyusui yang benar serta penyimpangan yang lazim terjadi termasuk pembekakan payudara, abses, mastitis, puting susu lecet, puting susu masuk
d. Nutrisi ibu nifas, kebutuhan istirahat, aktivitas, dan kebutuhan fisiologis lainnya seperti pengosongan kandung kemih
e. Kebutuhan nutrisi bayi baru lahir
f. Adaptasi pisikologis ibu sesudah bersalin dan abortus

g. Bounding Attachmen : orang tua dan bayi baru lahir untuk menciptakan hubungan positif
h. Indikator subinvolus: misalnya perdarahan terus menerus, infeksi
i. Indikator masalah-masalah laktasi
j. Tanda dan gejala yang mengancam kehidupan misalnya perdaarahan pervaginm menetap, sisa plasenta, renjatan (syok) dan pre eklamasi post partum
k. Indikator pada komplikasi tertentu dalam preode post partum, seperti anemia kronis, hematoma vulva, retensu urine, dan incontinentia alvi
l. Kebutuhan asuhan dan konsling selama dan sesudah abortus
2. Keterampilan dasar
a. Mengumpulkan data tentang riwayat kesehatan yang terfokus, termasuk keterangan rinci tentang kehamilan, persalinan, dan kelahiran
b. Melakukan pemeriksan fisik yang terfokus pada ibu
c. Pengkajian inpolusi uterus serta penyembuhan perlukaan/luka jahitan
d. Merumuskan diagnosa masa nifas
e. Menyusun perencanaan
f. Memulai dan mendukung pemberian asi eksklusif
g. Melaksanakan pendidikan kesehatan pada ibu meliputi perawatan diri sendiri, istirahat, nutrisi, dan asuhan pada bayi baru lahir
h. Mengidentifikasi hematoma vulva dan melaksanakan rujukan bilaman perlu
i. Mengidentupikasi pada ibu, mengobati sesuai kewenangan atau merujuk untuk tundakan yuang sesuai
j. Penatalaksanaan post fartum abnormal: sisa pelasenta, renjatan, dan infeksi ringan
k. Melakukan konseling pada ibu tentang seksualitas dan KB paska persalinan
l. Melakukan konseling dan memberikan dukungan untuk perempuan paska persalinan

m. Melakukan kolaborasi atau rujukan pada komplikasi tertentu
n. Memberikan antibiotika yang sesuai
o. Mencatat dan mendokumentasikan temuan-temuan dan interfensi yang di lakukan.
3. Keterampilan tambahan
a. Melakukan insisi pada hematoma vulva

F. Kompetensi Ke Enam : Asuhan Pada Bayi Baru Lahir
Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, komprehensi pada bayi baru lahir sampi dengan 1 bulan.
1. Pengetahuan dasar
a. Adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan di luar uterus
b. Kebutuhan dasar bayi baru lahir, kebiasaan jalan napas, perawatan tali pusat, kehangatan, nutrisi, “bounding dan attachment”
c. Indikator pengkajian bayi baru lahir, misalnya dari APGAR
d. Penampilan dan perilaku bayi baru lahir
e. Tumbuh kembang yang normal pada bayi baru lahi selama 1 bulan
f. Memberikan imunisasi pada bayi
g. Masalah yang lazim terjadi pada BBL normal, seperti: hypoglikemia, hypotermi, dehidrasi, diare dan infeksi, ikterus
h. Komlikasi yang lazim terjadi pada BBL normal, seperti : caput, molding, mongolian spot, haemangioma
i. Promosi kesehatan dan pencegahan penyakit pada BBL sampai 1bulan
j. Keuntungan dan resiko imunisasi pada bayi
k. Pertumbuhan dan perkembangan bayi premature
l. Komplikasi tertentu pada BBL, seperti trauma cranial, fraktur clavikula, kematian mendadak, hematoma.
2. Keterampilan Dasar
a. Membersihkan jalan nafas dan memelihara kelancaran pernafasan dan merawat tali pusat

b. Menjaga kehangatan dan menghindari panas yang berlebihan
c. Menilai segera BBL seperti nilai APGAR
d. Membersihkan badan bayi dan memberikian identitas
e. Melakukan pemeriksaan fisik yang terfokus pada BBL dan secreening untuk menenmukan adanya tanda kelainan-kelainan pada BBL yang tidak memungkinkan untuk hidup
f. Mengatur posisi bayi pada waktu menyusu
g. Memberikan imunisasi pada bayi
h. Mengajarkan pada orang tua tentang tanda-tanda bahaya dan kapan harus membawa bayi untuk minta pertolongan medik
i. Melakukan tindakan pertolongan kegawatdaruratan pada BBL seperti: kesulita bernapas/asphyksia, hypotermi, hypoglikemia
j. Memindahkan secara aman BBL ke fasilitas kegawatdaruratan apabila dimungkinkan
k. Mendokumentasikan temuan-temuan dan intervensi yang dilakukan
3. Keterampilan Tambahan
a. Melakukan penilaian masa gestasi
b. Mengajarkan pada orang tua tentang perubahan dan perkembangan bayi yang normal dan asuhan
c. Membantu orang tua dan keluarga untuk memperoleh sumber daya yang tersedia di masyarakat
d. Memberikan dukungan kepada orang tua selama masa berduka cita sebagai akibat bayi dengan cacat bawaan, keguguran, atau kematian bayi
e. Memberikan dukungan kepada orang tua selama bayinya dalam perjalanan rujukan karna harus ke fasilitas perawatan kegawatdaruratan
f. Memberikan dukungan kepada orang tua dengan kelahiran ganda

G. Kompetensi Ke Tujuh : Asuhan Pada Bayi Dan Balita
Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi komprehensif pada bayi dan balita sehat 1 bulan -5 tahun.

1. Pengtahuan Dasar
a. Keadaan kesehatan bayi dan anak di indonesia, meliputi: angka kematian, penyebab kesehatan, dan kematian
b. Peran dan tanggung jawab orang tua dalam pemeliharaan bayi dan anak
c. Pertumbuhan dan perkembangan bayi dan anak normal serta faktor-faktor yang mempengaruhinya
d. Kebutuhan fisik dan pisikososial anak
e. Perinsipdan setandar nutrisi pada bayi dan anak. Perinsip-perinsip komonikasi pada bayi dan anak
f. Perinsip keselamatan untuk bayi dan anak
g. Upaya pencegahan penyakit pada bayi dan anak misalnya misalnya pmberian imunisasi
h. Masalah-masalah yang lazim terjadi pada bayi normal seperti: gumoh/regurgitasi, diaper rash, dll. Serta penatalaksanaannya
i. Penyakit-pemyakit yang sering terjadi pada bayi dan anak
j. Penyimpangan tumbuh kembang bayi dan anak serta penatalaksanaannya
k. Bahaya –bahaya yang sering terjadi pada bayi dan anak di dalam dan luar rumah serta upaya pencegahannya
l. Kegawatdaruratan pada bayi dan anak serta penatalaksanaannya
2. Keterampilan Dasar
a. Melaksanakan pemantoan dan menstimulasi tumbuh kembang bayi dan anak
b. Melaksanakan penyuluhan pada orang tua tentang pencegahan bahaya-bahaya pada bayi dan anak sesuai dengan usia
c. Melaksanakan pemberian imunisasi pada bayi dan anak
d. Mengumpulkan data tentang riwayat kesehatan pada bayi dan anak yang terfokus pada gejala
e. Melaksanakan pemeriksaan fisik yang terfokus
f. Mengidentifikasi penyakit berdasarkan data dan pemeriksaan fisik

g. Melakukan pengobatan sesuai kewenangan, kolaborasi atau merujuk dengan cepat dan tepat sesuai dengan keadaan bayi dan anak
h. Menjelaskan pada orang tua tentang tindakan yang dilakukan
i. Melakukan pemeriksaan secara berkala pada bayi dan anak sesuai dengan standar yang berlaku
j. Melakukan penyuluhan pada orang tua tentang pemeliharaan bayi
k. Tepat sesuai keadaan bayi dan anak yang mengalami cidera dari kecelakan

H. Kompetensi Ke Delapan : Kebidanan Komonitas
Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi dan komperhensif pada keluargam, kelompok, dan masyarakat sesuai dengan budaya setempat
1. Pengetahuan Dasar
a. Konsep dasar kebidanan komonitas
b. Masalah kebidanan komonitas
c. Pendekatan asuhan kebidanan pada keluarga, klompok, dan msyarakat
d. Strategi pelayanan kebidanan komunitas
e. Ruang lingkup pelayanan kebidanan komonitas
f. Upaya peningkatan dan pemeliharaan kesehatan ibu dan anak dalam keluarga dan masyarakat
g. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan ibu dan anak
h. Sistem pelayanan kesehatan ibu dan anak
2. Pengetahuan Tambahan
a. Kepemimpinan untuk semua (kesuma)
b. Pemasaran sosial
c. Peran serta masyarakat (PSM)
d. Audit maternal perinatal
e. Perilaku kesehatan masyarakat
f. Program-program pemerintah yang terkait dengan kesehatan ibu dan anak

3. Keterampilan Dasar
a. Melakukan pengelolaan pelayanan ibu hamil, nifas, laktasi, bayi balita, dan KB di masyarakat
b. Mengidentifikasi status kesehatan ibu dan anak
c. Melakukan pertolongan persalinan di rumah dan polindes
d. Mengelola pondok bersalin desa (polindes)
e. Melaksanakan kunjungan rumah pada ibu hamil, nifas, laktasi bayi dan balita
f. Melakukan penggerakan dan pembinaan peran serta masyarakat untuk mendukung upaya-upaya kesehatan ibu dan anak
g. Melaksanakan penyuluhan dan konseling kesehatan
h. Melaksanakan pencatatan dan lapora
4. Keterampilan Tambahan
a. Melakukan pemantauan KIA dengan menggunakan PWA KIS
b. Melakukan pelatihan pembinaan dukun bayi
c. Mengelola dan memberikan obat-obat sesuai dengan kewenangannya
d. Menggunakan teknologi kebidanan tempat guna

I. Kompetensi Ke Sembilan : Asuhan pada Ibu/ perempuan dengan ganguan
Melaksanakan asuhan kebidanan pada perempuan / ibu dengan gangguan sistem reproduksi
1. Pengetahuan Dasar
a. Penyuluhan kesehatan mengenai kesehatan reproduksi, penyakit menular seksual ( PMS ), HIV/AIDS
b. Tanda dan gejala infeksi saluran kemih serta penyakit seksual yang lazim terjadi
c. Tanda, gejala, penatalaksanaan pada kelainan ginekologi meliputi : keputihan, perdarahan tidak teratur, dan penundaan haid.
2. Keterampilan dasar
a. Mengidentifikasi gangguan masalah dan kelainan sistem reproduksi

b. Memberikan pengobatan pada abnormal dan abortus spontan ( bila belum sempurna )
c. Melaksananakan kolaborasi dan atau rujukan secara tepat pada perempuan atau ibu dengan gangguan sisitem reproduksi
d. Memberikan pelayanan dan pengobatabn sesuai dengan kewenangan pada gangguan sistem reproduksi, meliputi : keputihan, perdarahan tidak teratur, penundaan haid
e. Mikroskop dan penggunaannya
f. Tekhnik pengambilan dan pengiriman sediaan pap smear.
3. Keterampilan Tambahan
a. Menggunakan mikroskop untuk pemeriksaan hapusan vagina
b. Mengambil dan proses pengiriman sediaan pap smear.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s